Selamat Datang di Website Resmi Desa Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur

Bagi masyarakat Desa Labuhan Haji yang ingin membuat surat-surat keterangan silahkan datang ke Kantor Desa dengan membawa photocopy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk, kami siap melayani anda

 

VISI dan MISI

Muhammad Awaludin 12 November 2018 09:27:19

VISI dan MISI DESA TAHUN 2018-2024

Visi Pembangunan Desa adalah suatu gambaran yang menantang tentang kondisi Desa yang  diinginkan pada akhir periode perencanaan pembanunan desa yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan Desa dengan melihat potensi dan kebutuhan Desa. Penetapan Visi pembangunan Desa sebagian dari perencanaan strategis pembangunan suatu Desa mencapai kondisi yang diharapkan.

Visi pembangunan Desa Labuhan Haji Tahun 2018-2024 disusun berdasarkan pada sumber utama dari Visi Kepala Desa yang terpilih melalui proses Pemilihan Kepala Desa secara langsung yang saat ini menjabat. mengingat bahwa Kepala Desa terpilih pada tahun 2017, maka Visi dan Misi ditetapkan untuk tahun 2018-2024, yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan  di Desa Labuhan Haji seperti : Pemerintah Desa, BPD, LKMD, tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat  pada umumya., serta kondisi eksternal di Desa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di Kecamatan.

Visi Pembangunan Desa tahun 2018-2024 ini disusun dengan mempertimbangkan/ mengacu visi pembangunan Daerah Kabupaten Lombok Timur. Maka berdasarkan pertimbangan di atas Visi Desa Labuhan Haji Tahun 2018-2024 adalah :

" Mewujudkan Desa Labuhan Haji yang Maju, Aman,Nyaman,Makmur,Sejahtera dan Mandiri "

Secara Khusus dijabarkan makna visi pembangunan Desa yang sangat diperlukan untuk membangun kesamaan persepsi , sikap ( komitmen ) dan prilaku ( partisipasi ) segenap pemangku kepenttingan ( stakeholder ) dalam setiap tahapan proses pembangunan selama 6 tahun kedepan

Aman, nyaman, makmur, Sejahtera dan Mandiri adalah konsep yang menunjukkan kondisi kemakmuran suatu masyarakat, yaitu masyarakat yang terpenuhi kebutuhan ekonominya (materi) maupun sosial (sprituil) dengan kata lain kebutuhan dasar masyarakat telah terpenuhi secara lahir dan bathin  secara adil dan merata dengan menitikberatkan pada peningkatan  kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan berdaya guna dan meningkatkan pembangunan uang difokuskan pada pembangunan perekonomian desa yang berbasis pada potensi Desa yang berdaya jual dan berdaya saing.

MISI PEMBANGUNAN DESA

Misi pembangunan Desa adalah suatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah Desa, sesuai Visi Pembangunan Desa yang ditetapkan, agar tujuan pembangunan Desa dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pembangunan  dan pemerintahan, maka Misi pembanguna Desa Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018-2024 dapat dirumukan sebagai berikut :

MISI

=>  Mereformasi Tata Kelola Pemerintahan yang amanah, jujur dan bertangggung jawab guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

=> Menyelenggarakan Pemerintah yang bersih, bebas dari korupsi dan bentuk-bentuk penyelewengan lainnya.

=> Menyelenggarakan Pemerintah Desa secara terbuka dan bertanggung jawab sesuai peraturan perundang-undangan

=> Meningkatkan Perekonomian masyarakat melalui pembentukan kelompok UKM yang produktif sesuai dengan potensi Desa dan peluang pasar.

=> Menyelenggarakan Pelatihan dan Penyuluhan bagi kelompok UKM dan bagi masyarakat pada umumnya sesuai dengan kebutuhannya.

=> Membentuk Badan Usaha Milik Desa (  BUMDES ) sebagai lembaga yang mengelola produktivitas usaha masyarakat

=> Menjalin Kerjasama dengan semua pihak dalam rangka peningkatan mutu kesejahteraan masyarakat.

=> Membangun Pola kehidupan masyarakat untuk menjadi masyarakat yang sehat melalui penigkatan kualitas kegiatan Posyandu Balita, Posyandu             Lansia, kebersihan Lingkungan dan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni  berdasarkan skala prioritas.

=>Membentuk dan Membangun kembali organisasi-organisasi masyaraka Desa Labuhan Haji untuk membantu Pemerintah Desa dalam                                    penyelenggaraan Pemerintah atas dasar kepnetingan masyarakat pada umumnya.

=> Mengorganisir kaum muda Desa Labuhan Haji dan meningkatkan perannya sebagai kader pembangunan dan kader pemimpin masa depan dengan   membentuk organisasi pemuda seperti : karang taruna dan organisasi yang lainnya.

=> Membangun relasi dengan Lembaga pendidikan formal pada lingkup internal dan eksternal dengan mengembangkan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) guna menunjang mutu Pendidikan generasi Desa Labuhan Haji untuk menjadi individu yang berke Tuhanan, Bermoral, Berpengetahuan Luas dan Mandiri.

=> Menjalin Kerjasama dengan semua pihak untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyaratkat Desa Labuhan Haji dengan membentuk  Badan Keamanan Desa (BKD) untuk membantu POLMAS dan BABINSA dan Penegak Hukum lainnya di dalam menjamin rasa aman bagi masyarakat Desa.

=> Penertiban aset Desa Labuhan Haji dan memanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.

=> Pembangunan, Perbaikan dan Pemeliharaan Ifrastruktur dalam Desa Labuhan Haji berdasarkan Skala Prioritas kebutuhan masyarakat.

=> Peningkatan Pemberdayaan Perempuan untuk ikut terlibat di dalam membangun Desa Labuhan Haji melalui wadah PKK dan organisasi perempuan lainnya.

=> Mengelola Potensi Desa Labuhan Haji dala Bidang Pertanian, Perikanan dan Pariwisata untuk meningkatkan PAD ( Pendapatan Asli Desa) yang sebesar-besarnya guna menuju Desa Labuhan Haji yang "Mandiri".

=> Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Desa

=> Meningkatkan Sumber Daya Alam yang ada

=> Menigkatkan Peran aktif BPD, LKMD, RT/RW, Pemuda, Wanita dan Tokoh masyarakat dalam pembangunan Desa

=> Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berswadaya membangun Desa.

ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA

Tujuan yang paling utama dalam pembangunan Desa adalah berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, oleh sebab itu guna mewujudkan tujuan tersebut maka sangat diperlukan usulan arah kebijakan pembangunan Desa Labuhan Haji selama periode 2018-2024.

Adapun arah kebijakan pembangunan Desa Labuhan Haji mengacu pada Misi Desa Labuhan Haji yaitu :

1. Misi Pertama

a. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia , untuk melaksanakan misi ini Desa Labuhan Haji mengambil arah dan kebijakan sebagai berikut :

=> Peningkatan kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan kader-kader kesehatan Desa dan kemudian pelayanan kesehatan melalui PKD yang telah terbangun.

=> Akan senantiasa mensosialisasikan pentingnya keluarga berencana untuk pasangan usia subur dan pasangan baru agar mempunyai program dalam perencanaan jarak kelahiran.

=> Berupaya untuk memberikan bantuan beasiswa bagi anak kurang mampu agar bisa tercapai program  Pemerintah yaitu Wajib Belajar 9 Tahun.

=> Mengupayakan pembangunan sarana dan prasarana Desa yang mengacu pada penigkatan taraf kesejahteraan masyarakat.

b. Menigkatkan Pengetahuan dan pemahaman terhadap ajaran Agama . Diambil langkah arah dan kebijakan sebagai berikut :

=> Pembangunan dan Peningkatan fungsi sarana dan prasarana keagamaan seperti Masjid, Musholla, dan TPQ.

=> Peningkatan fungsi pondok pesantren yang ada untuk lebih meingkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap ajaran agama.

=> Peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pengajian-pengajian selapanan tiap Dusun dan maupun kelompok-kelompok yasinan/selakaran di masing-masing Dusun.

=> Mendorong dilaksanakannya ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari dengan mengembangkan rasa saling meghormati dan menciptakan suasana yang harmoni di dalam kehidupan bermasyarakat.

 

2. Misi Kedua :

a. Pembangunan

=> Meningkatkan Infrastruktur Desa diambil langkah dan kebijakan dengan meningkatkan pembangunan dibidang pekerjaan umum.

=> Meningkatkan sumber daya alam yang ada diambil langkah dan kebijakan :

-Ketahanan Pangan, akan difokuskan pada peningkatan hasil pertanian melalui pelatihan-pelatihan dari Dinas Pertanian tentang tata cara bercocok tanam yang baik dan pemilihan bibit unggul.

- Pemberdayaan P3A, mengajak Lembaga P3A untuk merumuskan masalah yang mengakibatkan hasil pertanian tidak maksimal, seperti pembangunan talud irigasi.

- Pemberdayaan kelompok Tani, dalam hal ini Pemerintah Desa akan selalu menjembatani dan memfasilitasi untuk kegiatan pertemuan dan musyawarah kelompok Tani tersebut agar ada titik temu di dalam bercocok tanam antara kelompok Tani yang berada di hulu sungai maupun yang ada di hilir agar kelompok Tani biasa menanam tanaman yang cocok tanpa harus berebut air dimusim kemarau agar ketahanan pangan tetap terjaga dan tersedia.

=> Meningkatkan peran aktif Lembaga Masyarakat Desa diambil langkah dan kebijakan :

-Meningkatkan komunikasi antara Pemerintah Desa dengan Lembaga Desa (BPD, LKMD, RT/RW,PKK Karang Taruna) dan Tokoh Masyarakat dalam pembangunan Desa.

-Dilakukan reorganisasi terhadap Lembaga Desa secara berkala sesuai dengan masa kerja sehingga diharapkan muncul regenerasi.

=> Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berswadaya membangun Desa diambil langkah dan Kebijakan :

-Menigkatkan peran aktif Lembaga Desa dan Tokoh masyarakat dal mensosialisasikan program dan kegiatan Pemerintah Desa.

-Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berswadaya melalui dialog-dialog praktis yang dapat dilaksanakan dalam pertemuan rutin RT/RW.

-Pemberdayaan masyarakat akan ditekankan pada mengajak seluruh warga masyarakat untuk berperan secara aktif dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan yang akan dirumuskan dan dilaksanakan selama periode 2018-2024.

b. Pemerintah

    Menciptakan Pmerintah yang baik,demkrasi, bersih dan berwibawa dilaksanakan langkah dan kebijakan :

-Pembangunan aparatur Pemerintah Desa diarahkan untuk mewujudkan kinerja perangkat Desa yang profesional dan berkarakter, upaya tersebut dapat dilakukan dengan pola pembekalan terhadap Perangkat Desa menuju pada pengembangan profesionalisme. Disamping itu secara terhadap juga dilakukan Pendidikan mental Perangkat desa agar menghindarkan diri dari budaya KOLUSI, KORUPSI, dan NIPOTISME (KKN) agar Perangkat Desa secara cepat dan tangkap serta memiliki integritas yang tinggi dalam merespon tuntutan, kebutuhan, kuwantitas dan kuwalitas dalam melayani masyarakat.

-Pengembangan pelayanan kepada masyarakat juga diarahkan untuk peningkatan pelayanan prima berbasis pada partisipasi masyarakat, Pemerintah juga melakukan identifikasi kebutuhan masyarakat yang dilakukan oleh masysrakat sendiri dengan difasilitasi oleh Pemerintah Desa dan Lembaga Swadaya Masyarakat sehingga pelayanan dan fasilitas benar-benar merupakan refleksi dari kebutuhan rill masyarakat atau kebutuhan dasar dan merupakan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

c. Kemasyarakatan

    => Peningkatan usaha kecil dan menengah diambil langkah dan kebijakan :

-Pemberian bantuan kredit usaha kecil dan menengah diberikan melalui program simpan pinjam perempuan Pusekdes, modal usaha dalam pertanian diberikan melalui program PUAP sedangkan modal usaha untuk perikanan diberikan melalui program PUMP ( Pemberdayaan Usaha Masyarakat Pesisir ).

-Pembangunan sarana dan prasarana penunjang berkembangnya usaha masyarakat baik dalam bidang UKM, Perikanan maupun Pertanian yaitu dengan didirikannya Koperasi Serba Usaha (KSU) "Bhakti Karya" di Desa Labuhan Haji.

-Pengembangan usaha kemitraan, dalam pelaksanaannya akan mengajak pihak lainuntuk bermitra dalam pertanian, peternakan, dan perikanan seperti kemitraan petani jagung, peternakan ayam potong dan usaha perumahan.

    => Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban dan kerukunan warga, diambil langkah dan kebijakan :

-Persatuan dan kesatuan dalam hal persatuann Pemeruntah Desa mengajak warga masyarakat untuk hidup saling berdampingan tanpa membedakan status sosial, dll, sehingga akan tercipta masyarakat yang perduli terhadap lingkungan dan mempunyai toleransi yang tinggi sesuai dengan harapan Bangsa dan Negara  yakni semboyan Bhineka Tunggal Ika.

-Penggalakan kembali poskamling atau ronda malam yang saat ini mulai dalam pelaksanaannya mulai meredup.

-Pemberantasan penyakit masyarakat dimana dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan pihak Kepolisian setempat.

-Pemberdayaan pemuda dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban.

    => Mewujudkan keluarga sehat sejahtera, diambil langkah dan kabijakan :

-Penigkatan peran aktif ibu-ibu PKK, Kader Posyandu, maupun Bidan Desa dalam mewujudkan masyarakat yang sehat serta lebih mengoptimalkan fungsi PKD.

-Senantiasa mensosialisasikan pentingnya keluarga berencana untuk pasangan usia subur dan pasangan baru agar mempunyai program dalam perencanaan jarak kelahiran.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Kepala Desa Labuhan Haji Sekretaris Desa Kasi Pemerintahan Kaur Umum & Tata Usaha Kaur Perencanaan Kasi Pelayanan Kasi Kesra Kaur Keuangan Kadus Mandar Kadus Ambengan Kadus Paok Pampang Kadus Sisik Kadus Esot Kadus Gelumpang

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Kategori

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung